Sejarah Desa Palbapang

Admin Desa 30 April 2014 17:20:39 WIB

Sejarah Desa

              Desa Gambasan merupakan salah satu desa di Kecamatan Selopampang yang berada pada 11 km dari arah selatan Kota Temanggung dan merupakan desa paling ujung selatan yang berbatasan langsung dengan Desa Umbulsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Dari Dusun yang paling barat yakni Dusun Salakan sampai Dusun paling timur yakni Dusun Karangwetan merupakan jalur utama Desa Plumbon, Desa Bagusan dan Desa Kebonagung sampai Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung.

Asal-usul Desa menurut penuturan Bapak Danan Joyo yang merupakan sesepuh desa (mantan perangkat desa) yang usianya mencapai 82 tahun bahwa mbah Karto Sukiryo seorang tokoh masyarakat merupakan orang pertama yang membuka wilayah Desa Gambasan dengan cara membakar hutan belukar yang belum bernama, yang kemudian menjadi cikal bakal Desa Gambasan. Nama desa sendiri diilhami dari seorang tokoh agama yang bernama kiai Gambas. Sepeninggal beliau nama kiai Gambas diabadikan sebagai nama Desa Gambasan hingga sekarang.

Masyarakat Gambasan, masyarakatnya yang agamis. Hal ini dapat dilihat dari simbul tempat peribadatan berupa langgar/ Musholla dan Masjid, miskipun mayoritas masyarakat sebelumnya pemeluk kepercayaan kejawen dan abangan. Demikian pula para pemangku desa yang sudah ada sejak jaman sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Dibawah ini nama-nama pemangku desa dari jaman ke jaman dengan gaya kepemimpinan yang berbeda-beda.

Tabel 1

    NAMA-NAMA PEMANGKU DESA / KEPALA DESA

SEBELUM DAN SESUDAH BERDIRINYA DESA GAMBASAN

NO

PERIODE

NAMA

KETERANGAN

1

2

3

4

1

1892 - 1922

 

 

2

1922 - 1932

SOSRO DIMEJO

6 Tahun

3

1937 - 1944

HADI ATMOJO

32 Tahun

4

1944 - 1970

 

3,5 Tahun

5

1970 - 1990

YUSMEDI

4 Tahun

6

1990 - 2007

RIS IRIYANTI, SE.MM

5 Tahun

7

2007 - Sekarang

SUYAMTO, SE

 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pengumuman

...Bagi warga masyarakat yang mempunyai tanah belum sertifikat di lokasi pedukuhan Peni, Karangasem dan Serut tahun 2019ini bisa mengikuti persertifikatan melalui PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) ...

Kalender

Lokasi Palbapang

tampilkan dalam peta lebih besar