Penanaman Perdana Padi Gerakan Tanam Indeks Pertanaman (IP 400) di Bulak Serut Prenggan Palbapang

Aris 16 Februari 2022 14:36:53 WIB

Palwarta, 16/02/2022. Pagi tadi telah dilaksanakan kegiatan Penanaman Perdana Padi Gerakan Tanam Indeks Pertanaman (IP 400) di Bulak Serut Prenggan Palbapang oleh Kementerian Pertanian RI. Acara kali ini dihadiri oleh Kepala Balai Besar Peramalan OPT Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Eni Tauruslina Amarullah, MP. mewakili Menteri Pertanian RI yang tidak bisa hadir. Dihadiri Juga Kepala Dinas Pertanian DIY, Bupati Bantul, Kepala Dinas Pertanian Bantul, Kapolres Bantul serta tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Abdul Halim Muslih selaku Bupati Bantul menyampaikan, "Bahwasannya sektor pertanian menjadi sektor priotitas untuk Kabupaten Bantul. Karena Kabupaten Bantul telah ditetapkan sebagai daerah penyangga pangan nasional (food estate). Dengan tujuan adalah untuk mensejahterakan rakyat.
“Program ini adalah terobosan Kementerian Pertanian, melalui pola penanaman padi IP 400 merupakan salah satu langkah meningkatkan produksi dengan cara tanam dan panen empat kali di lahan yang sama”, jelas Kepala Balai Besar Peramalan OPT Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Eni Tauruslina Amarullah, MP.⁣

Dalam kegiatan ini dilakukan penanaman padi dengan menggunakan mesin transpletter. Sehingga tujuan dari program IP 400 ini dapat tercapai yaitu 4 kali tanam dalam jangka 1 tahun.
Selain penanaman padi juga dilakukan kegiatan Inseminasi Buatan untuk hewan sapi dan kambing. Serta pameran olahan makanan yang dibuat oleh KWT Ngringinan dan KWT Dagaran yang dibuat dari hasil panen lahan pekarangan di wilayah KWT tersebut.
Dengan adanya kegiatan ini semoga dapat memacu semangat para petani untuk dapat meningkatkan produksi sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani.

Komentar atas Penanaman Perdana Padi Gerakan Tanam Indeks Pertanaman (IP 400) di Bulak Serut Prenggan Palbapang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

...Pelayanan digital Palbapang...Kini permohonan Surat lebih mudah ketik pelayanandigitalpalbapangapang.id...

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License