KWT Berkontribusi: Kecap Benguk sebagai Upaya #KembalikeAlam

Administrator 11 Agustus 2022 18:34:21 WIB

KWT Ngringin Rahayu adalah satu dari tiga Kelompok Wanita Tani (KWT) yang telah didirikan di Palbapang. Terletak di Dukuh Ngringinan dan menggunakan lahan luas yang ada di rumah Ibu Cicilia, berbagai macam tumbuhan ditanam oleh anggota KWT. Pertemuan rutin setiap tanggal 17 diadakan. Terkadang mempraktikkan pengetahuan yang baru didapatkan dari pelatihan yang disediakan kalurahan. Terkadang juga mendiskusikan tantangan-tantangan yang dihadapi anggota KWT ketika menghadapi tanaman yang mereka tanam, baik yang ditanam di rumah Ibu Cicil maupun di polybag di rumah mereka. Hal yang paling menarik dari hasil wawancara dengan Ibu Cicilia adalah bagaimana terdapat sebuah kesadaran, bahwa menjadi penting untuk kita sebagai manusia untuk selalu kembali ke alam. Contohnya seperti saat Pandemi Covid-19 pertama kali terjadi, ketika pemerintah mengeluarkan peringatan untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah, Ibu Cicilia dengan mudah bisa bergantung kepada kebun yang ada di rumahnya untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak ada kekhawatiran berlebihan yang tidak perlukan. 

Kesadaran mengenai pentingnya kembali ke alam ini bukan hanya terjadi ketika pandemi saja. Pada waktu silam, salah satu anggota KWT berkeluh kesah mengenai anaknya yang ternyata memiliki alergi terhadap kecap yang mengandung kedelai dari Amerika. Dimulai dari keluh kesah ini,  KWT Ngringin Rahayu pun memulai inovasi untuk memproduksi kecap dari tempe benguk. Dibimbing oleh Mba Rosalia Mahanani, KWT Ngringin Rahayu pun mengikuti pelatihan pembuatan kecap tempe benguk. Dari pelatihan ini, kecap tempe benguk pun diketahui bisa sebagai alternatif bagi para penderita penyakit khusus yang tidak bisa mengkonsumsi kecap yang terbuat dari bahan dasar kedelai. Kecap bertekstur cair seperti kecap asin namun memiliki rasa yang gurih dan manis ini merupakan sebuah inovasi yang luar biasa manfaatnya. Terbuat dari benguk, kecap ini mengandung energi, protein, karbohidrat, lemak kalsium, serta serat yang tinggi. Kandungan ini kemudian membuat kecap benguk memiliki banyak dampak positif seperti dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan stamina, dan juga meningkatkan daya ingat.

Karena keberhasilannya, KWT Ngringin Rahayu pun menetapkan kecap ini sebagai salah satu produk tetapnya. Usut punya usut, kecap tempe benguk paling enak jika dicampur dengan mie ayam. Penasaran bagaimana rasanya dan juga ingin menjadi agen #KembalikeAlam? Kecap Tempe Benguk dapat langsung dibeli di Sekretariat KWT Ngringin Rahayu yang berlokasi di Ngringinan RT 07, Palbapang, Bantul Yogyakarta atau dapat menghubungi Ibu Cicil di nomor 082138690474. Kecap Tempe Benguk nantinya juga akan dijual di Bantul Expo dari tanggal 21 Juli 2022 hingga 25 Juli 2022.

 

Pernyataan: Tulisan ini adalah murni artikel dari penulis sehingga tidak mewakili instansi apa pun, baik dari Tim KKN UGM Unit 2022-YO013, Universitas Gadjah Mada, maupun Kalurahan Palbapang.

Penulis: Zakiah Fadhila - Mahasiswi KKN UGM periode 2022

Komentar atas KWT Berkontribusi: Kecap Benguk sebagai Upaya #KembalikeAlam

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

...Pelayanan digital Palbapang...Kini permohonan Surat lebih mudah ketik pelayanandigitalpalbapangapang.id...

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License