PHBS Bagian Dari Jumantik Mandiri Keluarga

07 Maret 2020 20:30:43 WIB

Palwarta, Sabtu, 07 Maret 2020. Di gedung Posyandu pedukuhan Karangasem diadakan pertemuan KP Ibu. Acara dimulai pukul 10.00 Wib. Pertemuan kali ini didampingi oleh Ibu Rismintari ,bidan dari Puskesmas Bantul 1.

Dalam sambuatnya Ibu Dukuh Karangasem menyampaikan bahwa besok tgl 12 Maret dibuka pelayanan posyandu balita dan lansia.Dihimbau agar membawa wadah/tempat makan sendiri untuk mengambil tambahan gizi pmt.Di pedukuhan Karangasem kemarin ada fogging untuk rt 5,6,dan 7 dikarenakan ada positif dbd 3 orang. Diharapkan semua anggota keluarga dapat menjadi jumatik mandiri keluarga, bukan hanya tempat yang berpotensi sebagai sarang nyamuk yang dibersihkan tetapi juga lingkungan sekitar.

Motivator menyampaikan kaitan dengan jumantik mandiri keluarga , phbs sebagai upaya untuk memberdayakan seluruh anggota rumah tangga agar tahu,mau, dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. PHBS antarkan persalinan ditolong tenaga kesehatan, asi ekslusif,posyandu bayi setiap bulan,penggunaan air bersih,cuci tangan dengan air mengalir dan sabun,konsumsi sayur dan buah,menggunakan jamban sehat, memberantas jentik2 nyamuk,melakukan aktifitas fisik dan tidak merokok di dalam rumah. Adapun kriteria air bersih adalah, tidak berasa, tidak berwarna, tidak berbau , dan bebas dari limbah alam pasir

Ibu Rismintari menambahkan,untuk sumur bor atau suntik sebelum digunakan sebaiknya air diendapkan di ember.Untuk ibu menyusui maksimal minum manis 8 gelas dan mkan 6 piring dalm 1 hari. Bagi ibu hamil atau yang promil sebaiknya hindari pemakaian cream, atau kosmetk yang berlebihan.Sekarang ini lagi booming virus corona, mari kita terapkan PHBS , bisa juga dicegah dengan cara berjemur sebelum jam 9 pagi menghadap ke timur.

 

Komentar atas PHBS Bagian Dari Jumantik Mandiri Keluarga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

...Pelayanan digital Palbapang...Kini permohonan Surat lebih mudah ketik pelayanandigitalpalbapangapang.id...

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License