WASPADA VIRUS CORONA

17 Maret 2020 10:01:52 WIB

palwarta, 17 Maret 2020. Virus Corona sudah tidak asing lagi di teliga kita. Virus yang ditandai dengan batuk pilek demam kemudian menyerang saluran pernafasan ini sudah sampai di negara kita, Indonesia. Sebanyak 137 rumah sakit sudah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan rawat inap pasien Corona Virus. Bahkan dibeberapa provinsi dan kota besar di Indonesia , sudah menerapkan sistem lock down sebagai usaha memutus mata ratai penyebaran virus corona.

Sistem lock down ini diyakini mampu memutus mata rantai penyabaran virus corona. Presiden RI, Joko Widodo sudah mengumumkan untuk sekolah dirumah,bekerja diurmah dan beribadah di rumah. Beliau juga menghimbau untuk menunda kegiatan yang sekiranya mengumpulkan masa agar di tunda dulu, dan sementara menghindar dari kerumunan masa. Sebab penularan virus corona ini melalui sentuhan dan menempel di permukaan benda.

Pada tangan virus corona dapat bertahan selama 10 menit.Dapat dicegah dengan rajin cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun, atau hand sanitizer. Pada kain dapat bertahan selama 9 jam. Menjemur kain diterik matahari selama 2 jam dapat menghilangkan virus corona.Dan dihimbau setiap pulang dari berpergian segera ganti baju dan mandi. Pada permukaan logam akan bertahan selama 2 jam. Segera cuci tangan dengan sabu dan air mengalir. Dan rutin bersihkan logam tersebut dengan alkohol, seperti pada handle pintu , kursi besi. 

Konsumsi gizi seimbang,perbanyak sayur dan buah untuk menjaga imun tubuh.Rajin olahraga, cukup istirahat. Dan jangan mengkonsumsi daging mentah/tidak matang. Hati-hati kontak dengan hewan. Berjemur di terik matahari di pagi hari juga diyakini efektif untuk mencegah virus corona. Jika mengalami demam batuk dan pilek segera periksa ke dokter.

Virus corona ini berukuran besar,dengan diameter sel sebesar 400-500 micro ,sehingga semua jenis masker dapat mencegah masuknya virus ini. Bagi yang sakit batuk dan pilek dihimbau untuk menggunakan masker. Dan rajin cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun. Tetap lakukan PHBS agar terhindar dari virus corona, hindari kerumunan, tetap tenang dan waspada. Dan jangan lupa terus berdoa kepada Tuhan agar selalu diberikan kesehatan dan dilindungi dari segala wabah penyakit. 

Komentar atas WASPADA VIRUS CORONA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

...Pelayanan digital Palbapang...Kini permohonan Surat lebih mudah ketik pelayanandigitalpalbapangapang.id...

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License